Pakai Pertamax atau Premium? Semua Terserah Konsumen

Written By Unknown on Senin, 21 Oktober 2013 | 17.36

JAKARTA - Salah satu ketetapan yang coba digalakan Pemerintah terkait hadirnya mobil murah ramah lingkungan (LCGC) terkait konsumsi bahan bakar. Sampai saat ini terus dihembuskan mesin mobil murah harus minum bahan bakar dengan RON 92 atau setara dengan Pertamax.

 
Namun tetap saja aplikasi di lapangan tidak bisa diatur lebih spesifik dari sekedar himbauan sebab tidak ada konsekuensi kongkret bila terjadi pelanggaran. Meskipun dalam buku panduan mobil murah sudah tertulis pernyataan penggunaan bahan bakar tanpa timbal serta stiker di dekat lubang tangki bahan bakar dengan pesan yang sama.
 
"Kami tidak tahu bagaimana cara mengontrolnya seperti apa, tugas kita memang mengikuti syarat-syarat yang diajukan Pemerintah menggunakan bahan bakar RON 92, kita coba ikuti," kata Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan Aftersales Service Honda Prospect Motor ketika ditanyai masalah tersebut kepada wartawan,di Jakarta, Senin (21/10/2013).
 
Jonfis juga menambahkan bila kondisinya di kota yang tidak tersedia Pertamax mereka bisa pakai Premium sampai menemukan Pertamax. Lagipula menurutnya lagi bila terus-terusan menggunakan Premium, pemilik tidak bisa merasakan performa sesungguhnya mobil murah, dalam hal ini maksudnya adalah Honda Brio Satya bermesin 1.2 liter M/T.
 
"Sebagai ATPM kita tidak bisa mencegah karena selepas sampai di konsumen sudah tergantung dengan mereka, mungkin tinggal kesadarannya saja. Menggunakan alat pun tidak bisa dan kurang efektif. Sulit untuk mengontrol apalagi skalanya di seluruh Indonesia," jelas Jonfis.
 
Honda pernah menyarankan kepada Pemerintah agar SPBU yang hanya melayani Pertamax diperbanyak pelan-pelan agar masyarakat terbiasa.
 
"Misal ada 6 SPBU, hanya satu diantaranya yang ada Pertamax, mungkin di tahun ini 3 hanya Pertamax dan 3 SPBU lagi Premium, kemudian mengecil lagi jumlah SPBU yang menjual Premium, kan gampang mengontrolnya. Pasti banyak keberatannya tapi memang harus ada ide-ide seperti itu," ungkapnya.
 
Honda Brio Satya adalah calon mobil murah dengan spesifikasi mesin paling tinggi diantara produk lainnya. Tetap mengutamakan performa, Brio Satya menggunakan mesin Brio standar yang diturunkan menjadi 1.2 liter i-VTEC SOHC 4 silinder bertenaga sebesar 88 Ps dan torsi 11,1 Kg.m.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Pakai Pertamax atau Premium? Semua Terserah Konsumen

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/10/pakai-pertamax-atau-premium-semua.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pakai Pertamax atau Premium? Semua Terserah Konsumen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pakai Pertamax atau Premium? Semua Terserah Konsumen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger