Intip Seberapa Hebat Limousine Presiden AS

Written By Unknown on Senin, 21 Oktober 2013 | 17.36

DETROIT - Limousine Kepresidenan Amerika Serikat atau biasa dikenal dengan nama The Beast memang penuh rahasia. Meskipun beberapa detail berhasil diungkapkan tetap saja spesifikasi keseleruhan tentu saja bisa berubah sesuai dengan keadaan dan jelas tanpa pemberitahuan.

 
Mobil yang digunakan khusus untuk mengawal Barack Obama ini berbentuk seperti Cadillac, tapi sebenarnya hampir sebagian besar bukan Cadillac. Bahkan kata salah satu agen yang bertugas bersama The Beast mesinnya bukanlah diesel seperti yang selama ini diperkirakan, melainkan bensin tipe V8.
 
Tidak hanya satu, Pemerintah AS membuat selusin The Beast dengan harga melebihi USD1 juta per unitnya. Dioperasikan bersama seorang mekanik personal, agen federal dengan rompi anti peluru dan alat elektronik diagnosa.
 
Kini metodenya, limousine Presiden dibeli langsung ke pabrikan lalu dimodifikasi oleh Secret Service bersama pabrikan produk aftermarket super rahasia. "Mobil ini bisa saja dikatakan Cadillac. tapi hanya sedikit di mobil ini yang masih Cadillac," ungkap agen tersebut kepada Autoweek, Senin (21/10/2013).
 
Dibangun di R&D arm of General Motors di Detroit. "Bahkan emblem Cadillac di bagian depan dan belakang juga berukuran besar. Mobil ini sebenarnya sebuah truk yang terlihat seperti Limo, dan dikemudikan seperti Limo juga," tambah agen itu lagi.
 
Tangki bahan bakar dikelilingi plat baja dengan busa spesial buat menghindari tembakan senjata api kecil. Senjata tambahan ditempatkan di bagasi, oksigen ekstra di bawah jok Presiden bersama peralatan medis, termasuk kantung darah sesuai golongan darah Presiden. The Beast sangat berat, plat baja disekeliling badannya sangat tebal, bahkan karena pintu terlalu tebal hampir tidak mungkin dibuka Presiden dari dalam.
 
Interiornya seperti ruangan karantina demi mencegah serangan kimia. Terdapat telepon satelit dan sistem komunikasi video interaktif buat Presiden berkordinasi dengan Pentagon atau duta besar di banyak negara.
 
Sistem kuncinya sangat khusus, dilengkapi juga dengan suspensi anti tembak dan berjalan di atas ban berbahan kevlar milik Goodyear agar bisa tetap berjalan walaupun tanpa udara. Secret Service juga menempatkan kamera night-vision di bagian gril depan.
 
Siapapun agen Secret Service yang bertugas untuk mengemudikan The Beast bersama Presiden di dalamnya harus mendapatkan pelatihan defensive-driving di sirkuit khusus selama beberapa pekan di akademi Secret Service di Beltsville.
 
Tidak ada peluncur rudal, granat atau apapun senjata yang ditanam di The Beast seperti layaknya mobil-mobil James Bond 007, termasuk kursi pelontar. Mungkin yang lebih berbahaya adalah akses Presiden pada senjata nuklir yang dimiliki Amerika Serikat.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Intip Seberapa Hebat Limousine Presiden AS

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/10/intip-seberapa-hebat-limousine-presiden.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Intip Seberapa Hebat Limousine Presiden AS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Intip Seberapa Hebat Limousine Presiden AS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger