Ini Faktor yang Pengaruhi Efisiensi Bahan Bakar

Written By Unknown on Kamis, 31 Oktober 2013 | 17.36

SENTUL - Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi angka valid keiritan bahan bakar kendaraan. Setidaknya ada dua faktor besar, pengendara dan spesifikasi kendaraan. Tapi jangan dilupakan juga faktor-faktor lain di luar hal tersebut seperti cuaca, suhu, permukaan jalan, jarak tempuh, bahan bakar, dan lain sebagainya.
 
Metode pengujian untuk mencari tingkat efisiensi pun berbeda-beda, bisa di labolatorium (indoor), proving ground, atau diuji di lalu lintas umum.
 
Beberapa faktor penting dalam menentukan efisiensi bahan bakar dibeberkan Michelin Indonesia. Terdapat lima faktor yakni aerodinamis, inersia, gravitasi, friksi internal, dan hambatan gelinding pada ban.
 
Aerodinamis atau hambatan angin mempengaruhi seberapa besar usaha kendaraan untuk melewati media udara. Maka dari itu rancang desain kendaraan harus memiliki resistensi drag yang rendah ke arah depan tentu saja agar kinerja kendaraan lebih maksimal dan irit bahan bakar.
 
Inersia atau kelembaman adalah kecenderungan semua benda fisik untuk menolak perubahan terhadap gaya geraknya. "Contoh sederhananya adalah saat kita mendorong mobil diam, agak susah pertamanya tapi setelah bergulir beberapa saat bisa lebih enteng," papar Alfons Abikaryono, Customer Engineering Support, Michelin Indonesia, saat pengujian ban radial Michelin Agilis HD terhadap efisiensi bahan bakar, Sentul, Kamis (31/10/2013).
 
Gravitasi bumi pada dasarnya bersifat konstan, mempengaruhi saat kendaraan melewati kondisi jalan turunan atau tanjakan. Sementara internal friction terjadi pada komponen mekanikal.
 
Terakhir hambatan gelinding ban, Michelin mengatakan faktor yang satu ini bisa mengubah efisiensi sampai 30 persen ke arah yang lebih baik. Gaya tolak ban dengan permukaan jalan yang lebih kecil mempermudah bergulirnya ban, kinerja kendaraan pun lebih mudah hasilnya irit bahan bakar.
 
Hambatan gelinding ban pun juga dipengaruhi beberapa hal. "Panas paling banyak terjadi adalah di bagian telapak. Bisa jadi karena koefisien drag ban, bahan karet yang tergesek dalam skala mikroskopik, tapi yang paling banyak adalah perubahan pada bentuk ban ketika digunakan," tutup Alfons.
(zwr)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Faktor yang Pengaruhi Efisiensi Bahan Bakar

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/10/ini-faktor-yang-pengaruhi-efisiensi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Faktor yang Pengaruhi Efisiensi Bahan Bakar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Faktor yang Pengaruhi Efisiensi Bahan Bakar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger