Teka-teki Macetnya Toyota Agya

Written By Unknown on Rabu, 21 Agustus 2013 | 10.36

MAKASSAR– Molor dari waktu yang ditentukan semula, Toyota Agya diprediksi bisa resmi mengaspal akhir bulan ini atau awal bulan depan. Mobil murah ramah lingkungan itu diyakini memiliki prospek yang menjanjikan di Indonesia.

 
Direktur Operasional Kalla Toyota Hariyadi Kaimuddin mengatakan keyakinan itu kepada Okezone di Makassar, Rabu (21/8/2013). "Kandungan lokal 80 persen sangat bagus karena akan membuat munculnya pabrik-pabrik komponen yang menyerap tenaga kerja. Tapi ada kompensasi yang diminta, yaitu pengurangan pajak," ungkap Hariyadi.
 
Menyinggung faktor kompensasi itu rumornya terdapat keberatan dari Kementerian Keuangan. Kemenkeu konon masih mempersoalkan kalkulasi atas implikasi yang ditimbulkan dengan dipasarkannya Agya di bursa otomotif domestik. Tapi teka-teki itu terjawab setelah Presiden RI menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang Proyek Mobil Beremisi Rendah (LECP).
 
"Tapi peraturan itu masih umum. Kementerian Perindustrian harus membuat lagi petunjuk pelaksanaannya. Seperti mengenai 80 persen kandungan lokal itu berapa lama harus dipenuhi, termasuk juga masalah harga," ucap Hariyadi.
 
Diuraikan, tadinya masalah harga dipatok pada angka maksimal US$10 ribu atau sekira Rp95-100 juta. Kemudian ada negosiasi menyangkut apakah harus terpatok sebesar itu saja.
 
"Padahal mobil punya beberapa varian misalnya ada yang manual dan otomatis atau pakai airbag. Kalau pakai satu harga tidak pas karena konsumen kita berbeda kebutuhannya," ujar Hariyadi.
 
Dituturkan, akibat molor diluncurkan dan perubahan harga, Kalla Toyota mencatat sebanyak 900 konsumen dalam daftar pemesan Agya sudah beralih ke merek lain. Daftar semula yang berkisar pada 1.500 pelanggan kini hanya tersisa 600 saja.
 
Menurut Hariyadi, dengan kisaran 200-300 unit akan terjual per bulan diperkirakan kontribusi Toyota Agya bisa mencapai 15-20 persen di seluruh kawasan pemasaran Kalla Toyota.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Teka-teki Macetnya Toyota Agya

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/08/teka-teki-macetnya-toyota-agya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Teka-teki Macetnya Toyota Agya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Teka-teki Macetnya Toyota Agya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger