Alasan KMI Tak Hadirkan Sorento Diesel

Written By Unknown on Kamis, 28 Maret 2013 | 10.36

BANDUNG- Saat media test drive KIA All New Sorento yang digelar KIA Mobil Indonesia, semua unit menggunakan mesin bensin Theta II 2.4 liter DOHC Dual CVVT, karena memang jatah yang diberikan untuk pasar Indonesia baru mesin jenis tersebut.

 
Sorento sebenarnya punya varian diesel yang mengusung mesin empat silinder segaris e CRDi Turbocharged dan berkapasitas 2.2 liter. Namun KMI masih pikir-pikir melepas varian yang satu ini ke Tanah Air. KMI mengatakan, kajian untuk varian Sorento diesel masih dalam proses, dan keputusannya belum bisa diambil.
 
Psikologi masyarakat Indonesia tentang mesin diesel masih berupa efisiensi bahan bakar dan harga bahan bakar yang lebih murah. Tidak sedikit konsumen yang menginginkan mesin diesel untuk unit kendaraan yang akan mereka beli. Tapi KMI punya argumen tentang kebutuhan mesin diesel untuk masyarakat Indonesia.
 
"Yang saya tangkap seperti ini, pendapat bahwa menggunakan mesin diesel itu murah itu karena kita menggunakan bahan bakar diesel yang disubsidi Pemerintah. Lalu apakah hal ini dibenarkan? Padahal kita dianjurkan untuk tidak membebani Pemerintah dengan menggunakan bahan bakar bersubsidi," tutur Hartanto Sukmono, Direktur Marketing KMI.
 
KMI juga mengatakan, konsumen juga harus menggelontorkan nilai investasi lebih untuk mendapatkan potensi mesin diesel. Kenyataannya adalah harga produk yang menggunakan mesin diesel sudah pasti lebih mahal daripada mesin bensin.
 
Alasan yang lain adalah tingkat kelangkaan bahan bakar diesel yang cukup tinggi di Indonesia. Kurangnya pasokan solar tidak hanya terasa di ibu kota, namun kondisi di luar Jakarta justru lebih mengkhawatirkan.
 
"Kalau mesin bensin, premium langka kita bisa lompat ke pertamax, masih lebih mudah dicari. Kalau mesin diesel, bio solar habis maka bahan bakar penggantinya akan sama langkanya. Hal ini justru akan lebih menyulitkan para konsumen," jelasnya Hartanto lagi.
 
"Ini hanya masalah psikologis, takut karena mesin bensin itu boros padahal bisa kami buktikan tidak, jangan sampai tujuan kita memiliki unit kendaraan bermesin diesel hanya karena ingin menikmati bahan bakar subsidi pemerintah," tutupnya.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Alasan KMI Tak Hadirkan Sorento Diesel

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/03/alasan-kmi-tak-hadirkan-sorento-diesel.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Alasan KMI Tak Hadirkan Sorento Diesel

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Alasan KMI Tak Hadirkan Sorento Diesel

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger