Thailand Tak Kondusif, Toyota Pusing

Written By Unknown on Rabu, 22 Januari 2014 | 10.36

BANGKOK – Toyota tengah mempertimbangkan kembali investasi besarnya di Thailand. Toyota menahan kucuran dana sebesar 20 miliar baht atau USD609 juta di Thailand, dan bahkan bisa memotong kapasitas produksinya jika kerusuhan politik terus meluas.

 
Sampai saat ini Thailand masih berstatus sebagai pasar mobil terbesar di Asia Tenggara. Thailand menjadi basis produksi kendaraan untuk ekspor regional produsen mobil top dunia seperti Toyota, Honda dan Ford.
 
Situasi politik di Thailand sedang memanas, dimana kerap terjadi demonstrasi selama lebih dari dua bulan untuk menjatuhkan pemerintah Thailand. Jika demonstrasi ini mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, Toyota dapat memangkas produksinya di Thailand.
 
"Setelah situasinya shutdown, kita memiliki sedikit konsumen di showroom kami. Kami siap untuk mengurangi produksi mobil kita memang situasi politik mempengaruhi situasi ekonomi," jelas Kyoichi Tanada, Presiden Toyota Thailand.
 
Toyota adalah produsen mobil terbesar di Thailand, yang mampu memproduksi 800.000 unit kendaraan per tahun. Rencananya, mulai tahun ini Toyota akan meningkatkan kapasitas sebanyak 200.000 unit kendaraan per tahun selama tiga sampai empat tahun ke depan.
 
"Investasi baru kami di Thailand tidak mungkin terjadi jika krisis politik saat ini berlangsung lebih lama. Untuk investor asing baru, situasi politik bisa memaksa mereka untuk mencari kesempatan di tempat lain," lanjut Tanada.
 
Toyota memproduksi sekitar 850.000 mobil di Thailand pada tahun 2013, dengan menjual 445.000 unit di dalam negeri, dan mengekspor beberapa 430.000 unit kendaraan. Tahun ini, ditargetkan menjual 400.000 mobil di dalam negeri dan ekspor di angka 445.000 unit.
 
Penjualan industri automotif secara keseluruhan di Thailand diperkirakan turun 13,6 persen menjadi 1,15 juta kendaraan pada 2014. Ini diakibatkan lemahnya penjualan dan pertumbuhan ekonomi yang lambat.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Thailand Tak Kondusif, Toyota Pusing

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2014/01/thailand-tak-kondusif-toyota-pusing.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Thailand Tak Kondusif, Toyota Pusing

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Thailand Tak Kondusif, Toyota Pusing

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger