Pemilu Berpengaruh ke Penjualan Automotif

Written By Unknown on Jumat, 20 Desember 2013 | 17.36

MAKASSAR - Penjualan kendaraan bermotor diyakini akan stagnan hingga melambat selama berlangsungnya proses Pemilihan Umum 2014. Setidaknya perlambatan itu terjadi hingga terpilihnya pemimpin Indonesia yang baru.

 
Direktur Operasional PT Kalla Toyota Hariyadi Kaimuddin mengemukakan adanya kemungkinan tersebut. Menurut Hariyadi, stimulus untuk menggerakkan roda perekonomian selama pelaksanaan pemilu baik pileg maupun pilpres tidak ada sama sekali.
 
"Para pengusaha menunggu dan melihat. Mereka menunggu siapa yang akan terpilih di pilpres. Apakah presiden yang sesuai harapan rakyat atau tidak. Jika tidak maka kondisi pasar automotif Indonesia tentu akan memburuk," urainya.
 
Dilanjutkan Hariyadi, suku bunga bisa memburuk selama pemilu berjalan. Bahkan peluang pasar di 2014 bisa lebih rendah dari capaian 2013 ini. Negara-negara dari luar tak melihat sesuatu yang menguntungkan hingga presiden terpilih di 2014.
 
"BI rate masih bisa naik sampai angka 8 di 2014. Dan iklim itu tentunya tidak baik bagi para pengusaha. Para pengusaha sebagai pelaku bisnis berharap pilpres hanya atu putaran saja agar kondisi ini tidak terlalu lama," tutur Hariyadi.
 
Hariyadi mengaku tak asal menganalisa situasi ini. Selama 2013, pergerakan kenaikan BI Rate mempengaruhi penjualan kendaraan di wilayah Sulawesi yang menjadi area Totota Kalla. Data Kalla Toyota menunjukkan sejak Juli 2013, pertumbuhan market penjualan Toyota menurun.
 
Jika pada Juni 2013, market share masih 53,4 persen, data nopember menunjukkan angka hanya berada pada level 44 persen. Namun Hariyadi tak memungkiri itu juga terjadi karena kurangnya promo yang mereka gelar pada calon pelanggan dan pelanggan pengguna mobil Toyota.
 
"Secara market kita masih mendominasi pasar. Tapi terjadi penunurunan penjualan yang cukup nyata. Dan akan semakin melambat hingga enam tujuh bulan ke depan," pungkas Hariyadi.
 
Walaupun terjadi penurunan di lima bulan terakhir, namun secara tahun ke tahun, pertumbuhan penjualan Toyota masih positif, yaitu 16,6 persen.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Pemilu Berpengaruh ke Penjualan Automotif

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/12/pemilu-berpengaruh-ke-penjualan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemilu Berpengaruh ke Penjualan Automotif

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemilu Berpengaruh ke Penjualan Automotif

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger