Impian Tata Motors di Indonesia

Written By Unknown on Jumat, 27 September 2013 | 10.36

JAKARTA - Biswadev Sengupta, Presiden Direktur Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menjelaskan Tata Motors Group adalah perusahaan automotif terbesar di India, namun justru 58 persen keuntungannya diraup dari luar India. Sampai saat ini pasar terbesar di luar tanah kelahirannya masih dipegang oleh Srilangka.

 
Di negara berpenduduk sekitar 20 juta orang tersebut Tata Motors meraih marketshare 35 persen dari sekitar 100 ribu unit penjualan kendaraan baru per tahunnya, dengan kata lain sekitar 35 ribu unit kendaraan yang beredar di Srilangka beremblem Tata.
 
Sebelum menampuk puncak kepemimpinan di Indonesia, Biswadev pernah berkiprah selama empat tahun sebagai Country Manager Tata Motors di Srilangka, kemudian akhirnya ia diutus mengawal ekspansi ke Tanah Air. Targetnya luar biasa, menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar di luar India, melangkahi Sri Lanka.
 
"Itu adalah impian Tata Motors. Banyak kesamaan India dengan Indonesia, dalam 3-4 tahun ke depan kita berharap bisa melampaui Srilangka," ucapnya ketika berbincang bersama media di booth outdoor Tata Motors Distribusi Indonesia, IIMS 2013.
 
Keinginan tersebut ditanggapi sedikit berbeda dengan pendapat pribadinya. Pria yang sudah mengabdi selama 21 tahun di Tata Motors Group ini mengungkapkan bahwa yang dibutuhkan TDMI sekarang adalah membangun brand serta pelayanan kepada kastemer bukan angka penjualan.
 
"Buat kami target itu tidak penting, yang saya khawatirkan setiap hari adalah kastemer, kastemer, dan kastemer. Kami membangun semuanya dari nol, bagaimana membangun organisasi yang membuat semua orang ingin bergabung di dalamnya. Terbesar atau bukan tidak selalu penting karena tujuan pribadi saya bukan itu," tukasnya.
 
Pribadi ataupun kepentingan perusahaan yang jelas masih banyak pekerjaan rumah buat TMDI demi menggapai cita-cita tersebut pasalnya butuh lebih dari 35 ribu kendaraan Tata yang harus dipasarkan untuk melewati pencapaian Srilangka.
 
Bertindak seperti balita yang baru belajar jalan, di tahun 2013 TDMI meneruskan langkahnya dengan meluncurkan tiga model mobil penumpang, menyusul kemudian kendaraan komersial di bulan November nanti.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Impian Tata Motors di Indonesia

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/09/impian-tata-motors-di-indonesia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Impian Tata Motors di Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Impian Tata Motors di Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger