Makassar Juga Nantikan Toyota Agya

Written By Unknown on Rabu, 21 Agustus 2013 | 10.36

MAKASSAR– Agya dalam bahasa Indonesia ialah sepatah kata serapan dari bahasa Sansekerta, berarti "cepat". Tapi peluncuran Toyota Agya ternyata tidak secepat arti namanya.

 
Sejak prototipenya dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) pada September 2012 lalu, hingga kini Agya belum juga diluncurkan kepada konsumen. Program pemerintah tentang mobil murah ramah lingkungan masih tersendat-sendat jalannya, entah macet di mana.
 
Pada Mei 2013 baru terbit Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 tentang Pajak Barang Mewah Kendaraan menyangkut LCGC (Low Cost Green Car) dan LEC (Low Emission Carbon). Menyusul sebulan kemudian Presiden RI menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang Proyek Mobil Beremisi Rendah (LECP).
 
"Jika tidak ada aral melintang pada akhir bulan ini Agya sudah akan di-launching di Jakarta. Sedangkan di Makassar sendiri dijadwalkan pada pertengahan September," kata Hariyadi Kaimuddin, Direktur Operasional Kalla Toyota, kepada Okezone di Makassar, Rabu (21/8/2013).
 
Hariyadi menyebut, peluncuran Agya dengan enam varian akan digelar tepat pada 28 Agustus mendatang. Dari perkirakan semula bisa diluncurkan awal tahun ini, artinya jadwal sudah molor tujuh bulan.
 
"Rencana pada Januari 2013 sudah bisa kita pasarkan secara resmi. Jadi, prototipenya sudah dibuat pada September 2012 dan dipamerkan di IMS 2012 dan pada saat itu pemerintah khususnya dari Kementerian Perindustrian sudah mengeluarkan kriteria mobil murah yang akan mendapatkan insentif," tutur Hariyadi.
 
Diuraikan, kriteria tersebut meliputi antara lain harus 80 persen memuat kandungan lokal, konsumsi bahan bakar minyak harus di atas rasio 1 liter berbanding 20 kilometer, menggunakan merek lokal, dan lainnya.
 
Berdasarkan konsep program itu dibuatlah Agya. Para ahli dan pabrik Toyota sudah siap di Indonesia ketika wacana itu mengemuka, lalu persiapan dimulai dan langsung dijalankan.
 
"Kebutuhan masyarakat ke depan akan kendaraan yang terjangkau dan berkualitas sangat tinggi. Tapi, bukan hanya karena harganya yang murah saja tapi kualitasnya dipertanyakan," tegas Hariyadi.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Makassar Juga Nantikan Toyota Agya

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/08/makassar-juga-nantikan-toyota-agya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Makassar Juga Nantikan Toyota Agya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Makassar Juga Nantikan Toyota Agya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger