Ngantuk Berkendara Sama Dengan Maut

Written By Unknown on Selasa, 30 Juli 2013 | 10.36

JAKARTA- Faktor manusia masih paling dominan dalam memicu kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Selain faktor manusia, ada faktor lain, yakni jalan, kendaraan, dan alam.

 
Lebih dari separuh kasus kecelakaan di Indonesia pada 2012 dipicu oleh faktor tersebut. Tahun lalu, tiap hari rata-rata terjadi 300-an kecelakaan yang merenggut rata-rata 80-an jiwa per hari.
 
Dari keseluruhan faktor manusia, salah satu aspeknya adalah mengantuk. Kondisi mengantuk saat berkendara juga memicu kecelakaan saat arus mudik dan balik Lebaran.
 
"Saat mengantuk membuat seseorang tidak berkonsentrasi. Obat mengantuk hanya satu, yakni tidur," ujar dokter Andreas Prasadja, sleep psyshician RS Mitra Kemayoran, dalam diskusi Ngantuk Berkendara=Maut, yang digelar Independent Bikers Club (IBC), di Jakarta.
 
Selain Andreas Prasadja, pembicara dalam diskusi itu adalah Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP (Pol) Irvan Prawira Satyaputra. Sedangkan dari kalangan industri adalah Hari Sasono, sekjen Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).
 
AKBP Irvan mengimbau, agar para pemudik tidak menggunakan sepeda motor untuk mengurangi fatalitas kecelakaan. Maklum, pada arus mudik tahun lalu, keterlibatan sepeda motor dalam kecelakaan mencapai sekitar 70 persen. Rasa kantuk berkendara, terlebih bersepeda motor, bisa merusak konsentrasi saat berkendara.
 
"Para pengendara kemungkinan bakal terserang kantuk saat memasuki wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah," kata Irvan Prawira.
 
Mengantuk saat berkendara bisa memperlebar peluang kecelakaan lalu lintas jalan. Saat arus mudik tahun 2012, rata-rata sekitar 50-an jiwa tewas setiap hari. Belum lagi ratusan orang yang luka-luka per hari. Semua pihak punya tanggung jawab untuk memperkecil risiko terjadinya insiden di jalan.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Ngantuk Berkendara Sama Dengan Maut

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/07/ngantuk-berkendara-sama-dengan-maut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ngantuk Berkendara Sama Dengan Maut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ngantuk Berkendara Sama Dengan Maut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger