Mudik Baiknya Pakai Komponen Standar Pabrikan

Written By Unknown on Senin, 29 Juli 2013 | 10.36

JAKARTA- Mudik mengggunakan sepeda motor sudah menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat. Alasannya, sepeda motor lebih murah dibandingkan moda transportasi lainnya.

 
Tidak ada salahnya menggunakan sepeda motor sebagai pilihan untuk mudik, meski memiliki risiko terbesar. Hanya, banyak faktor yang mesti diperhatikan sebelum mudik, termasuk kondisi sepeda motor.
 
Periksa kondisi motor adalah salah satu prosedur wajib sebelum mudik. Pilih tune-up standar pabrikan yang sesuai dengan motor Anda. Bila ada komponen yang harus diganti, pilih komponen yang direkomendasikan pabrikan.
 
"Sebaiknya sepekan sebelum mudik, motor di tune-up standar. Mudik yang terpenting adalah endurance sepeda motor, bukan tenaga besar. Ikuti prosedur standar pabrikan, dan ganti komponen yang sesuai dengan standarnya," jelas Mahali salah satu mekanik bengkel di Depok.
 
Setelah mesin tuntas, beralih ke posisi kaki-kaki sebagai andalan melakukan perjalanan jauh. Beberapa komponen yang wajib dilihat kondisinya meliputi ban, bearing roda, velg, suspensi depan dan belakang, rantai dan gear.
 
Khusus si kulit bundar, ada baiknya menggunakan tipe tubless dan memakai nitrogen, sehingga menambah kenyamanan saat berkendara. Perhatikan pula sistem suspensi apabila mudik dengan berboncengan.
 
Lakukan juga pengecekan ulang pada sistem signal seperti lampu depan, sign, lampu belakang, lampu rem dan klakson. Penerangan juga dianjurkan memakai part orisinil keluaran pabrikan, jauh lebih terang dan fokus di satu titik.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Mudik Baiknya Pakai Komponen Standar Pabrikan

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/07/mudik-baiknya-pakai-komponen-standar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mudik Baiknya Pakai Komponen Standar Pabrikan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mudik Baiknya Pakai Komponen Standar Pabrikan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger