Cara Aman Mobil Diesel Dipakai Mudik

Written By Unknown on Minggu, 28 Juli 2013 | 17.37

JAKARTA- Kualitas bahan bakar jenis solar menjadi permasalahan utama bagi kendaraan jenis diesel di Indonesia. Bila di kota besar mungkin tidak menjadi soal, tapi akan menjadi masalah bila sedang berada di kota kecil.

 
Melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil dengan mesin diesel relatif lebih irit dibandingkan mesin bensin. Apalagi harga solar bersubsidi lebih murah dibandingkan BBM jenis premium.
 
Namun, pengguna mobil mesin diesel tetap wajib waspada dengan buruknya kualitas solar di SPBU yang ada di luar kota besar. Ada beberapa langkah untuk mengantisipasi buruknya kualitas bahan bakar solar tersebut.
 
Bagi pengguna sistem mesin diesel model konvensional, tidak terlalu masalah dengan kualitas bahan bakar solar yang ada. Potensi masalah ada bagi jenis mobil diesel yang sudah menganut sistem common rail. Bila kualitas solar jelek akan bisa menjadi masalah serius.
 
"Kualitas solar memang menjadi bagi pengguna kendaraan diesel, apalagi yang sudah menggunakan common rail. Penggunanya harus berhati-hati dalam memilih SPBU," jelas Eko Budiman, mekanik bengkel di bilangan Serpong.
 
Bila akan melakukan perjalanan mudik, sangat disarankan agar lebih dulu mengganti saringan solar dan water separator. Pilih kualitas saringan bahan bakar dan water separator yang terbaik. Jenis komponen dengan kualitas terbaik biasanya dibanderol dengan harga mahal.
 
Tapi, cara ini bisa memperingan kerja mesin dengan kualitas solar yang ada. Langkah tersebut sudah bisa meminimalisir efek akibat buruknya kualitas bahan bakar solar, khususnya di luar kota.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Cara Aman Mobil Diesel Dipakai Mudik

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/07/cara-aman-mobil-diesel-dipakai-mudik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Cara Aman Mobil Diesel Dipakai Mudik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Cara Aman Mobil Diesel Dipakai Mudik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger