Mobil di AS Sudah Punya Kotak Hitam

Written By Unknown on Sabtu, 20 April 2013 | 10.36

NEW YORK- Ketika sebuah pesawat jatuh, orientasi regu penyelamat setelah menolong para korban dan mengamankan lokasi kejadian adalah mencari sebuah black box (kotak hitam).

 
Alat ini adalah sebuah penyimpan data rekam penerbangan, biasanya ditempatkan pada pesawat terbang untuk kepentingan investigasi jika kecelakaan terjadi. Data yang terdapat di dalamnya bisa menentukan fakta.
 
Dilansir Thecarconnection (19/4/13), sejak 2012 National Highway Traffic Safety Administration telah lama mencanangkan ide untuk meletakan sebuah black box ataupun alat perekam di setiap mobil yang beredar di wilayah Amerika Serikat mulai 2015.
 
Alat perekam seperti ini sebenarnya telah ada di 91,6 persen kendaraan yang dijual di Amerika, maka tidak akan menjadi hal yang aneh jika melihat ke dalam dashboard mobil keluaran General Motors, Ford, ataupun Toyota akan menemukan sebuah black box.
 
Namun penggunaannya dikatakan atas dasar pengumpulan data oleh masing-masing pabrikan, bukan karena peraturan pemerintah.
 
Rencananya semua model baru yang akan rilis tahun 2015, harus mengikuti regulasi ini. Bagaimanapun juga, akan ada banyak pertanyaan yang muncul seputar kebijakan tersebut, diantaranya adalah bagaimana pabrikan memberi tahu hal ini pada konsumen baru, berapa lama data akan disimpan dalam alat rekam, dan siapa yang berhak akan data tersebut.
 
Belum ada kepastian untuk menjawab tiga pertanyaan tersebut, dan kebijakan ini juga telah mendapatkan banyak resistensi. Tampaknya bentuk privasi memang dalam proses adaptasi jaman. Dalam era media sosial seperti sekarang ini, bentuk sebuah privasi sedang berkembang, dan mungkin saja alat perekam macam black box tidaklah terlalu mengkhawatirkan seperti yang diduga.
 
Dari sisi keamanan, alat perekam juga juga membantu pemilik mengetahui kondisi mesinnya, dan dalam jangka panjang, gadget semacam ini bisa menjadi cikal bakal komunikasi antar kendaraan.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Mobil di AS Sudah Punya Kotak Hitam

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/04/mobil-di-as-sudah-punya-kotak-hitam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mobil di AS Sudah Punya Kotak Hitam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mobil di AS Sudah Punya Kotak Hitam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger