Mobil Khusus "Si Pemalas" Jalan Kaki

Written By Unknown on Sabtu, 23 Maret 2013 | 10.36

TSUBAKA - Saat pembawa acara kawakan, Jeremy Clarkson, menampilkan desain robot mobil personalnya dalam satu episode program acara Top Gear, ia mengatakan mobilnya adalah yang terkecil di dunia.

Tetapi seseorang di Jepang telah menemukan sesuatu yang lebih baik. Sebuah mobil berkapasitas satu orang penumpang yang dapat mengubah posisi seseorang dari A ke B tanpa harus melakukan apapun.

Konglomerat Teknologi asal Jepang, Hitachi, memperkenalkan Robot for Personal Intelligent Transport System (Ropits) di Tsubaka, Jepang, seperti dilansir dailymail Rabu (13/3/13). 

Mobil ini dapat bergerak dengan sendirinya, namun dalam keadaan darurat penumpang yang ada di dalamnya bisa secara langsung memegang kendali dengan menggunakan joystick dalam kokpit.

Ide ini pertama kali diciptakan untuk membantu seseorang yang memiliki kesulitan untuk berjalan, tetapi belakangan mobil ini dikembangkan dengan ukuran yang kecil agar bisa berjalan bersama pejalan kaki lainnya.

Penemuan ini sudah dilengkapi dengan GPS, laser untuk mengukur jarak dengan objek lain, serta sensor gyro yang membuat kabin tetap tegak saat menemui permukaan jalan yang tidak rata. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan suspensi aktif, artinya setiap ban dapat melewati rintangan kecil yang ada di hadapannya.   

Nantinya siapapun yang membutuhkan bantuan Ropits dapat memesan di halte Ropits yang tersebar di seluruh kota. Penumpang hanya perlu mencari lokasi tempat yang dituju melalui layar sentuh yang tersedia dan akhirnya mobil ini akan mengantarkannya kesana.

Mengutip pernyataan Jeremy, "Saya sudah tidak nyaman dengan model mobil zaman sekarang. Saya sangat tidak habis pikir, kenapa Ford, GM, Toyota, atau pabrikan automotif besar di dunia tidak pernah memikirkan untuk membuat mobil seperti ini," tuturnya.
(fmh)


Anda sedang membaca artikel tentang

Mobil Khusus "Si Pemalas" Jalan Kaki

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/03/mobil-khusus-pemalas-jalan-kaki.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mobil Khusus "Si Pemalas" Jalan Kaki

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mobil Khusus "Si Pemalas" Jalan Kaki

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger