Diskografi Sembilan Tahun Honda Jazz

Written By Unknown on Rabu, 20 Februari 2013 | 17.36

JAKARTA- Apa yang Anda ingat saat mendengar kata Jazz? Mungkin yang hadir dalam pikiran adalah sebuah aliran musik dan sebuah varian hatchback kesohor milik Honda. Keduanya adalah jawaban yang tepat, karena Jazz memang sebuah aliran musik dan juga sebuah varian dari Honda.

 
Tapi, di sini tidak akan membahas Jazz sebagai sebuah aliran musik, melainkan Jazz sebagai sebuah varian andalan Honda Motor Co., Ltd yang sudah beredar di seluruh dunia, Honda Jazz.
 
Sudah lebih satu dekade Honda Jazz berkarier, dimana secara perdana Jazz atau yang memiliki nama lain Honda Fit mengaspal pada 21 Juni 2001. Jazz mengisi kosongnya varian Honda di segmen mobil sub-compact (hatchback). Konsep yang diusung Jazz saat pertama kali meluncur adalah Man Maximum, Machine Minimum.
 
Honda Jazz langsung dijadikan mobil global dan diperkenalkan di Amerika Serikat, Eropa serta negara Asia lainnya. Generasi pertama Jazz diproduksi di Jepang (Suzuka
Plant), China (Guangzhou Plant), Thailand (Ayutthaya Plant), Indonesia (Karawang
Plant) dan Filipina (Laguna Plant).
 
Lalu bagaimana awal mula Jazz hadir di Indonesia? Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen tunggal pemegang merek Honda di Indonesia, meluncurkan Jazz pertama kali pada 19 Februari 2004. Jazz hadir dengan tipe i-dsi, bermesin efisien 1,5 liter.
 
Hanya butuh satu tahun, Honda Jazz langsung berstatus sebagai andalan HPM, dengan mencatatkan penjualan 24.844 unit. Angka yang terbilang fantastis buat varian baru dengan segmen hatchback, dimana saat itu industri automotif nasional masih hangat di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV).
 
"Honda Jazz tidak hanya menjadi tulang punggung Honda, tapi juga kebanggaan karena merupakan model yang diproduksi di Indonesia. Sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2004, Honda Jazz telah memantapkan posisinya sebagai yang terdepan di kelas hatchback dalam hal performa, fitur yang inovatif, hingga utilitas yang tinggi. Hal ini yang membedakan Honda Jazz dengan model lain di kelasnya, sehingga selalu menjadi pilihan utama konsumen," ungkap Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor.
 
Selama hampir satu dekade di Tanah Air, Jazz sudah mengalami beberapa perubahan atau penambahan fase. Setelah perdana 2004 dengan model i-dsi, dilanjutkan pada 2005, Honda melansir Jazz tipe VTEC dengan mesin berkapasitas 1.5 liter. Honda Jazz VTEC diproduksi di Pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat.
 
Lalu hadir Jazz facelift pada awal 2006 dengan tampilan yang lebih sporty. Masih di 2006, tepatnya 5 Juni 2006, Honda melengkapinya dengan Jazz Rocks yang mempunyai fitur audio lebih lengkap. Selang dua tahun atau di 2008, HPM meluncurkan Jazz generasi kedua, dan mampu bertahan merajai segmen hatchback Indonesia selama tiga tahun. Lalu di 2011 meluncur versi facelift dari Jazz generasi kedua.
 
"Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2004, Honda Jazz langsung diterima dengan baik konsumen Indonesia. Honda Jazz mencatat penjualan yang konsisten dan menjadi market leader segmen hatchback. Ini menjadikan Jazz sebagai hatchback dengan penjualan tertinggi di Indonesia," lanjut Jonfis Fandy.
 
Kini, dalam kurun waktu sembilan tahun sejak diluncurkan di Indonesia, Honda Jazz mencanangkan penjualan menembus angka 200 ribu unit di awal 2013 ini. Pencanangan target tersebut bukan tanpa modal, HPM menawarkan New Honda Jazz di awal 2013 ini. New Honda Jazz yang menawarkan Triple Value, dengan tiga varian yakni, tipe RS yang sporty, tipe S yang advanced, dan tipe A sebagai model baru yang dinamis dan memiliki harga lebih terjangkau.
 
Dengan hadirnya New Jazz di awal 2013, segmen hatchback langsung direbut Jazz di pembukaan tahun ini. Honda Jazz menjadi market leader di kelas hatchback dengan pangsa pasar sebesar 45 persen dengan terjual sebesar 2.337 unit. New Honda Jazz menjadi modal HPM buat menyongsong angka penjualan mencapai 200 ribu unit di 2013 ini, sekaligus menahbiskan diri sebagai varian legenda Honda.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Diskografi Sembilan Tahun Honda Jazz

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/02/diskografi-sembilan-tahun-honda-jazz.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Diskografi Sembilan Tahun Honda Jazz

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Diskografi Sembilan Tahun Honda Jazz

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger