Uji Kehandalan Bridgestone Duravis R624

Written By Unknown on Minggu, 23 Maret 2014 | 10.36

F: Test Drive ban Bridgestone Duravis R624 (ist)F: Test Drive ban Bridgestone Duravis R624 (ist) SUKABUMI - Seperti biasa, setelah melakukan prosesi peluncuran produk baru PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) melakukan serangkaian pengujian untuk membuktikan performa produk barunya tersebut. Kali ini, produk yang diuji adalah Duravis R624 yang ditujukan bagi kendaraan jenis Light Truck, LT-Pick Up dan Van.

Dalam pengujian ini setidaknya ada empat ban sejenis namun lain merek yang digunakan. Selain produk terbarunya, Bridgestone juga menyertakan Bison 623 yang merupakan pendahulu dari Duravis R624. Selain itu terdapat dua ban yang berasal dari kompetitor. Sebut saja kompetitor A dan kompetitor B.

Ban yang digunakan masih dalam kondisi baru. Semua ban-ban tersebut dipasang pada empat unit pikap Mitsubishi Colt L300 yang diberi muatan pasir seberat 2 ton. Tekanan angin disamakan. Depan 40 PSI dan belakang 70 PSI.

Di bawah arahan Zulpata Zainal, Proving Ground Manager PT Bridgestone Tire Indonesia, sesi pengujian ini dilakukan di areal Inna Beach Samudra Hotel, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Sebelum dimulai, setiap mobil dihitung bobot serta tekanan anginnya. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan mobil dalam kondisi yang sama.

Dalam pengujian ini rute yang dibuat cukup singkat namun menantang. Karena ada beberapa rintangan yang harus dilalui, tanjakan dan turunan tajam yang harus ditaklukan.

Pada kesempatan pertama Okezone merasakan ban dari kompetitor A. Mobil berjalan perlahan saat memasuki tanjakan. Muatan pasir sebanyak 2.000 kg terasa cukup berat. Lepas tanjakan, saya menuju rintangan berikutnya. Dalam kondisi jalan yang datar namun sedikit berpasir, mobil berjalan lurus dengan kecepatan 30 kpj lalu menghindari dua buah kerucut merah (kun) yang berdiri di depan.

Hasilnya sangat mengejutkan. Mobil dengan bobot total mencapai 3 ton ini bergerak liar. Gejala understeer sangat terasa, dibutuhkan kesigapan untuk mengontrol mobil kembali ke jalur sebenarnya. Ban seakan tidak mampu menahan beban berat yang ditampung dalam bak.

Selepas itu, giliran mencoba di jalur dengan aspal mulus. Jalan yang menanjak memaksa untuk menggunakan transmisi rendah. Saat menurun dan mobil diajak zig-zag, ban terasa seperti melintir. Daya cengkramnya sangat kurang.

Menjelang garis finish, rintangan menghindari kun kembali ditemui. Rasanya tidak jauh berbeda dengan yang pertama, buritan bergerak liar dan agak sulit dikendalikan.

Sekarang giliran ban kompetitor B. Saat melewati rintangan pertama, mobil kembali understeer namun rasanya tidak seperti saat menggunakan kompetitor A. Ban terasa sedikit lebih mencengkram terutama ban depan. Alhasil mobil dapat dijinakan dengan cepat.

Perlakuan sama dilakukan saat melewati jalanan menurun dengan kondisi jalan yang mulus. Saat zig-zag, ban kompetitor B masih terasa selip meski minim.

Kini giliran menjajal kemampuan Duravis R624. Saat melewati rintangan pertama, traksi yang dihasilkan sangat baik. Gejala understeer minim sekali. Selepas menghindari kun mobil dapat langsung kembali kejalur yang diinginkan. Hal ini tentu sangat berbeda dengan ban kompetitor A dan B.

Saat turunan dengan jalan berzig-zag, mobil terasa "nurut". Tidak terasa gejala understeer meski menggendong beban cukup berat. Kemampuannya kembali diuji kala melibas rintangan kun menjelang garis akhir. Hasilnya sama baik, mobil dapat dikendalikan dengan mudah dan minim gejala understeer.

Terakhir, saya pun merasakan Bridgestone Bison 623 yang posisinya digantikan Duravis R624. Hasil keseluruhan sangat beda tipis dengan Duravis. Bridgestone sendiri mengklaim kemampuan ban barunya tersebut mengalami peningkatan sebesar 5 persen dari Bison 623.

Herdi, supir pengangkut ikan asal Pelabuhan Ratu mengaku semakin percaya diri saat menggunakan Bridgestone Duravis R624. Pria berusia 40 tahun yang menjalani profesinya selama puluhan tahun ini mengaku puas dengan performa Duravis R624.

"Saya suka bawa muatan 2,5 ton ikan dari Pelabuhan Ratu ke Muara Angke atau 3 ton kelapa muda. Selama pakai Bison mobil enak saja, tidak licin dan gampang selip. Adanya produk baru ini, kualitasnya pasti lebih baik dari yang semula (Bison 623), jadi makin pede bawanya," bebernya kepada Okezone. (ian)


Anda sedang membaca artikel tentang

Uji Kehandalan Bridgestone Duravis R624

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2014/03/uji-kehandalan-bridgestone-duravis-r624.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Uji Kehandalan Bridgestone Duravis R624

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Uji Kehandalan Bridgestone Duravis R624

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger