Uji Performa Astra Toyota Agya

Written By Unknown on Rabu, 18 September 2013 | 17.37

BANDUNG- Usai membahas dua sektor, eksterior dan kabin, kini masuk dalam pembahasan performa berkendara dari Astra Toyota Agya.

 
Uji berkendara dilakukan di kota Bandung, Jawa Barat. Penguji sempat berharap pengujian dilakukan dengan menempuh perjalanan Jakarta-Bandung, via tol Cikampek-Cipularang, Namun ternyata Agya-nya sudah menunggu di Bandung.
 
Duduk di kursi pengemudi, kesan pertama yang didapat adalah jok semi bucket dengan headrest yag terintegrasi. Tak sulit mencari posisi ternyaman saat memulai berkendara, dengan batang kemudi sporty palang tiga, tapi minus kontrol audio.
 
Okezone mendapatkan Agya TRD S dengan tipe transmisi manual. Mesin dihidupkan, uji berkendara pun dimulai. Kopling terbilang enteng, mirip-mirip dengan Toyota Etios Valco. Hanya, tuas persneling sepertinya terlalu pendek dan ada suara cukup keras saat menggeser persneling.
 
"Tuas memang pendek, karena memang disesuaikan dengan karakter mobil mungil. Tapi, kalau keras saat memindahkan gigi, mungkin itu karena masih kategori persneling baru. Nanti kita cek," beber General Manager Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi.
 
Situasi lalu lintas di kota Bandung pada sore hari cukup padat. Ini mengharuskan gaya berkendara stop and go, dan cukup sulit bila mencari top speed dari Astra Toyota Agya ini. Misi pun berubah, dengan coba mendapatkan gaya berkendara ECO dari Agya.
 
"Buka gas perlahan, pertahankan putaran mesin jangan langsung terlalu tinggi. Dan jangan biasakan rem mendadak. Itu kunci mendapatkan efisiensi bahan bakar yang baik," lanjut Dadi lagi memberikan tipsnya.
 
Kemudi sudah dilengkapi dengan EPS (Electric Power Steering). Dengan ESP kemudi akan menyesuaikan diri secara otomatis, dimana saat kecepatan tinggi akan terasa berat. Tapi bisa kembali enteng saat kecepatan rendah atau saat parkir.
 
Mesin DOHC tiga silinder segaris, 12 valve, berkapasitas 988 cc. Daya maksimal mencapai 65,3 PS pada putaran 6.000 RPM. Sedangkan torsi maksimal adalah 85 Kg.m pada putaran 3.600 RPM. Angka ini memang bukanlah yang terbesar di kelasnya, tapi tenaga Agya bisa diandalkan buat berkendara di dalam kota.
 
Kelebihan di cluster instrument sudah dilengkapi dengan MID (Multi Information Display). Informasi mengenai jarak tempuh dan rata-rata pemakaian bahan bakar, serta fitur alarm penunjuk waktu. Hanya saja pada tipe transmisi otomatis, tidak ada penunjuk posisi persneling di MID.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Uji Performa Astra Toyota Agya

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/09/uji-performa-astra-toyota-agya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Uji Performa Astra Toyota Agya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Uji Performa Astra Toyota Agya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger