Jangan Percaya Kata-Kata Irit BBM!

Written By Unknown on Selasa, 17 September 2013 | 17.36

JAKARTA- Pemanasan global yang terjadi sekarang ini memacu para produsen automotif untuk mengembangkan kendaraan dengan teknologi hemat bahan bakar minyak (BBM) dan ramah lingkungan.

 
Bahkan saat ini sebagian besar produsen mobil mengklaim kendaraan terbaru mereka telah menggunakan teknologi tersebut.
 
Yang paling hangat terjadi saat ini adalah mobil murah hasil program low cost green car (LCGC) yang diusung pemerintah. Mobil ini digembar-gemborkan irit bensin dan ramah lingkungan.
 
Dalam regulasi LCGC disebutkan mobil yang mengikuti program harus memenuhi syarat konsumsi BBM 20 km per liter. Namun jangan salah, angka tersebut didapat setelah melakukan pengujian laboraturium bukan di jalanan sesungguhnya.
 
"Semua pengujian itu ada yang namanya pengujian engineering, jadi diuji pakai standard dan standard itu diuji oleh BPPT. Berapa lama mobil itu harus jalan dan berapa lama harus berhenti itu dihitung di laboraturium," jelas Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kemenperin Budi Darmadi di JIExpo Kemayoran, Jakarta (17/9/2013).
 
"Jadi standard itu diuji dilaboraturium sehingga mobil merek A dan mobil B bisa sama. Yang kita pakai diturunkan dari United Nation European Commision" tambahnya lagi.
 
Lalu bagaimana dengan klaim yang dilakukan produsen mobil yang menyatakan produknya sesuai regulasi (mencapai angka 20 km/liter). Sementara di pengujian sebenarnya tidak mampu menggapai angka tersebut.
 
Budi menyatakan hasil klaim yang dilakukan tidak dapat jadi patokan dan itu boleh saja dilakukan sebagai salah satu strategi marketing.
 
"Itu tidak bisa jadi ukuran, semua pengujiannya itu berdasarkan uji laboraturium. Sah-sah saja produsen mencantumkan (angka) itu sebagai bagian dari marketing," tegas Budi Darmadi lagi.
 
"Oleh sebab itu, mari sama-sama kita edukasi masyarakat bahwa yang namanya standard itu diuji di lab. Itu namanya standard engineering," tutupnya.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Jangan Percaya Kata-Kata Irit BBM!

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/09/jangan-percaya-kata-kata-irit-bbm.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jangan Percaya Kata-Kata Irit BBM!

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jangan Percaya Kata-Kata Irit BBM!

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger