5 Masalah Memiliki Mobil Listrik

Written By Unknown on Rabu, 10 Juli 2013 | 17.36

CALIFORNIA - Era mobil listrik kini semakin dekat, di Eropa dan Amerika, kendaraan jenis ini sudah menjamur dan akan semakin mewabah termasuk ke wilayah Asia dan lainnya. Setiap pabrikan bekerja tanpa henti menyempurnakan mesin tanpa bahan bakar fosil tersebut agar semakin dapat diterima sebagai alat transportasi sehari-hari.
 
Menurut perusahaan jasa informasi marketing global, J.D. Power, setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan setiap produsen automotif dalam mengembangkan mobil listrik untuk mengurangi penderitaan konsumen. Berikut uraiannya:
 
Harga
Merunut data J.D. Power 2012 Electric Vehicle Ownership Study, hampir separuh tujuan pemilik membeli mobil listrik agar tidak sering mengunjungi SPBU dan mengurangi biaya membeli bahan bakar. Namun data menunjukan bahwa pemilik mobil listrik rata-rata harus menggelontorkan biaya sampai Rp100 juta lebih mahal dari mobil konvensional. Keuntungan yang didapat baru sangat terasa bila mobil listrik tetap digunakan dalam jangka waktu 8-10 tahun.
 
Dimensi
Kebanyakan mobil listrik berukuran kecil, dan besarnya baterai bisa memangkas ruang kabin serta kargo. Teknologi terbaru sedang dikembangkan, tapi sekarang untuk sebagian besar keluarga masih tidak layak beralih ke kendaraan listrik sepenuhnya.
 
Kehandalan
Banyak konsumen yang sangat memperhatikan daya tahan mobil listrik, jarak tempuh beberapa model berkurang bila di tempat dingin. Sama seperti alat elektronik lainnya, kapasitas baterai akan melemah seiring bertambahnya usia. Hal ini menjadikan pembelian mobil listrik dengan cara cicil lebih baik dari pada cash.
 
Jarak tempuh
Kemampuan jelajah mobil listrik terbatas sampai akhirnya menemukan tempat untuk mengisi ulang baterai. Hal ini menyebabkan pengendara dengan jarak perjalanan dan jadwal yang teratur adalah pemilik yang lebih layak.
 
Isi ulang
Menggunakan sumber tenaga rumahan, butuh waktu lama sampai lewat satu malam hingga baterai terisi penuh. Cara mengatasinya, kebanyakan pemilik mobil listrik punya pengisi baterai berukuran dua kali lipat untuk mempercepat pengisian. Isi ulang baterai di luar rumah juga menjadi kendala tersendiri, stasiun isi ulang baterai masih sukar ditemui.
(zwr)


Anda sedang membaca artikel tentang

5 Masalah Memiliki Mobil Listrik

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/07/5-masalah-memiliki-mobil-listrik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

5 Masalah Memiliki Mobil Listrik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

5 Masalah Memiliki Mobil Listrik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger