Mobil Nakula & Sadewa Bidik 450 Km/Liter

Written By Unknown on Jumat, 22 Maret 2013 | 10.36

DEPOK- Universitas Indonesia (UI) meluncurkan dua mobil hemat energi, ramah lingkungan, dan ultra-efisien karya para mahasiswa Fakultas Teknik (FT). Mobil itu bernama Keris RV dan Kalabia Evo 3 di Balai Sidang UI. Kedua mobil tersebut juga beraksi dalam running tes di sirkuit simulasi di depan Balai Sidang UI.
 
UI siap berkompetisi dalam ajang Shell-Eco Maraton 2013 yang keempat kalinya ini pada dua kategori yaitu prototype dan urban concept yang berfokus pada penggunaan bahan bakar yang efisien.
 
Kategori prototype adalah kendaraan berbentuk futuristic. Ini bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui elemen desai yang inovatif. Sementara kategori urban concept lebih memerhatikan desain kendaraan konvensional roda empat yang hemat bahan bakar.
 
Presiden Direktur PT Shell Indonesia Darwin Silalahi mengatakan sejak dimulai tiga sampai empat tahun yang lalu pada tahun 2009, peserta yang ikut baru ada sembilan tim dari empat universitas terkemuka. Kemudian meingkat menjadi 11 tim dan 18 tim di tahun berikutnya.
 
"Sekarang ada 51 tim dari seluruh universitas di Indonesia yang melamar. Ini yang jadi kerinduan kami, menginspirasi seluruh universitas di pelosok Indonesia. Terpilih 20 tim, dari 14 universitas dan Politeknik," ungkapnya dalam sambutannya, Kamis (21/03/2013).
 
Dia mendorong pemerintah untuk terus meningkatkan kompetisi di bidang domestik. Yakni dimana Kemendikbud berinisiatif bagaimana kompetisi sejenis diadakan di Indonesia.
 
"Mari tingkatkan daya saing. Lalu dukungan pemerintah yang tak habis-habisnya, bisa terus dikembangkan," jelasnya.
 
Pada kategori prototype, UI mengirimkan tim Nakula yang telah merancang mobil Keris RV dengan target konsumsi bahan bakar 450 km per liter.
 
Sedangkan pada kategori Urban Concept, UI mengirimkan tim Sadewa dengan rancangan mobil bernama Kalabia Evo_3 yang merupakan kendaraan ultra-efisien dan ramah lingkungan berbasiskan teknologi muktahir hasil pemikiran mahasiswa.
(zwr)


Anda sedang membaca artikel tentang

Mobil Nakula & Sadewa Bidik 450 Km/Liter

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/03/mobil-nakula-sadewa-bidik-450-kmliter.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mobil Nakula & Sadewa Bidik 450 Km/Liter

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mobil Nakula & Sadewa Bidik 450 Km/Liter

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger