Dahlan : INKA Harus Tetap Fokus ke Kereta Api

Written By Unknown on Sabtu, 23 Februari 2013 | 10.36

JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan alasan berhentinya pengembangan mobil GEA (Gulirkan Energi Alternatif) buatan PT Industri Kereta Api (PT INKA) dikarenakan masih harus fokus pada bisnis inti PT INKA yaitu pembuatan dan pengembangan kereta api.

Fokus yang merupakan bisnis inti dari PT INKA juga dalam hal mempersiapkan pemenuhan kebutuhan kereta api oleh PT KAI (Persero).

"Jadi awalnya itu karena krisis ekonomi yag waktu itu kan INKA ga ada kerjaan. Jadi ya bikin mobil. Nah karena sekarang sudah kembali ke bisnis inti dan makin sibuk, ya ngga ngurusin mobil lagi," ujar Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat(22/2/2013).

Mobil GEA buatan PT INKA hingga saat ini hanya dikerjaan apabila PT INKA menerima pesanan dan sesuai dengan kesepakatan harga. "Ya kalo ada orang percaya dan ada yang pesen ya asal itungannya cocok pembayaran nya cocok silahkan tapi perhatian utama ttep kereta api," tutur Dahlan.

Dahlan menjelaskan, mobil buatan PT INKA tersebut memang berpotensi untuk menjadi industri dalam negeri, tetapi sebagai Menteri BUMN, Dahlan tidak ingin PT INKA keluar dari bisnis intinya. Dahlan menambahkan, pangsa pasar kereta api tergolong sangat besar, maka dari itu INKA diminta untuk terus meningkatkan kinerjanya.

"Memang mobil itu ngga dipasarkan sama INKA, jadi INKA harus fokus ke kereta api dan jangan sampai terganggu dengan yang lain," tukasnya.

Seperti diketahui, Mobil Gulirkan Energi Alternatif (GEA) buatan PT Industri Kereta Api (INKA) yang dirintis sejak tahun 2002 kini telah dipesan hingga ratusan unit.

GEA menggunakan mesin berkapasitas 650 cc dan diproduksi untuk berbagai kebutuhan, sebagai kendaraan pribadi hingga pikap dan kendaraan niaga yang disebut mobil toko atau moko.

Mobil GEA ini dipasarkan dengan harga Rp60 juta/unit. Tercatat hingga 2012 pesanan untuk memproduksi mobil GEA di antaranya dari koperasi Angguna di Surabaya sebanyak 250 unit dan pesanan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 250 unit. (ian)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dahlan : INKA Harus Tetap Fokus ke Kereta Api

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2013/02/dahlan-inka-harus-tetap-fokus-ke-kereta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dahlan : INKA Harus Tetap Fokus ke Kereta Api

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dahlan : INKA Harus Tetap Fokus ke Kereta Api

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger