Teknologi Pengecatan Baru dari Honda

Written By Unknown on Selasa, 18 Desember 2012 | 10.36

TOKYO - Honda Motor mengembangkan sistem pengecatan baru yang lebih efisien dan ramah lingkungan yakni Honda Smart Ecological Paint (Honda S.E. Paint).

 
Sistem Honda Smart Ecological Paint ini mempercepat proses pengecatan dengan cara menghilangkan proses pelapisan tengah (middle coat) tanpa mengurangi kualitas akhir dari pengecatan.
 
Sistem pengecatan konvensional yang digunakan saat ini terdiri dari empat proses pelapisan (4 coat / 3 bake) yang terdiri dari electrodeposit coat, middle coat, water-based coat, dan clear coat, serta memerlukan tiga kali sistem pengeringan (bake). Dalam sistem konvensional ini, menghilangkan middle coat berakibat pada terbatasnya warna yang bisa digunakan untuk pengecatan.
 
Untuk mengatasi hal tersebut, Honda mengembangkan sebuah material berdaya guna tinggi sebagai pewarna dasar yang digunakan pada proses pelapisan akhir. Material ini pun dapat menghasilkan warna apapun yang ingin digunakan dalam proses pengecatan eksterior mobil, sekaligus mengurangi proses pengecatan menjadi tiga lapis dan dua kali pengeringan.
 
Selain Honda Smart Ecological Paint, di waktu yang bersamaan Honda juga mengembangkan sistem pengecatan robotik baru yang diberi nama Wall-Mounted Paint Robot System. Sistem ini didukung oleh teknologi built-in quick load atau quick wash paint tank yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengecatan, dan mengurangi jumlah bahan cat sebesar 40 persen dibandingkan proses pengecatan konvensional. Akibatnya, jumlah CO2 yang dihasilkan selama proses pengecatan pun akan berkurang sebesar 40 persen.
 
Honda Motor Co. akan mulai memperkenalkan teknologi baru ini di Yorii Plant di Pabrik Saitama di Jepang yang akan mulai beroperasi pada Juli 2013 mendatang. Yorri Plant akan memulai proses produksi sebagai pabrik yang hemat energi dan ramah lingkungan.
(zwr)

Anda sedang membaca artikel tentang

Teknologi Pengecatan Baru dari Honda

Dengan url

http://automaklanic.blogspot.com/2012/12/teknologi-pengecatan-baru-dari-honda.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Teknologi Pengecatan Baru dari Honda

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Teknologi Pengecatan Baru dari Honda

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger